Rabu, 24 Oktober 2012

Alhamdulillah Dapet Tempat Magang

Belajar dari kakak tingkat tahun kemaren yang harus menunggu lama untuk penempatan, maka aku dan teman-teman yang lain STAN angkatan 2009 berlomba-lomba mencari tempat magang. Kebanyakan dari spes akuntansi nyari tempat magang di KAP. Kalau spes lain aku kurang tau.

Ada yang nyari jauh-jauh hari sebelum wisuda dan ada juga yang sampe sekarang belum nyari tempat magang. Aku semangat banget buat nyari tempat magang, ya dari pada nganggur mending cari pengalaman dan tantangan baru. Setelah nanya-nanya temen akhirnya selesai juga aku bikin cv. Yang paling banyak bantuin itu cenit dan cv aku adaptasi dari cv nya yuniza, anak akuntansi juga. Kalau dia udah lama magangnya. Udah tenar banget deh cerita sukses magangnya dia. Aku bertekad sebelum wisuda sudah ada progress. Beberapa hari sebelum wisuda aku langsung kirim email ke beberapa KAP dan dari 9 yang aku masukin cuma 6 yang berhasil terkirim. Bukan cuma itu, karna saking semangatnya aku juga pengen lewat jalur langsung gak cuma lewat email.

Aku sering ngomongin magang sama cenit. Al hasil kami bersepakat untuk ngasih lamaran magang langsung dateng ke kantornya. Senen tanggal 8 oktober 2012 itulah kami merealisasikan tekad kami. Waktu itu kami ngajak temen kosannya cenit, yaitu fatih tia. KAP yang kami pilih ada 2, yang di menteng dan jl. TB Simatupang. Berbekal nekad dan semangat 45 kami berangkat sekitar jam 11. Alhamdulillah yang di menteng gampang nyarinya tapi kami ditolak dan mbak2 resepsionisnya gak terlalu ramah jadi sempet melemahkan semangat kami. Tapi kami tetep ngelanjutin perjalanan ke TB Simatupang. Nah kalau yang satu ini bener-bener nekad. Kami nggak ada yang tau  itu di daerah mana. Kami cuma tau harus turun dimana kalau naek busway. Turun lah kami di halte pertanian. Itu deket daerah ragunan. Disitu kami nanya Jl. TB Simatupang no 56. Jalannya sih bener disitu tapi nomornya gak ada yang tau dan ternytaaa... TB Simatupang itu panjang banget dari lebak bulus sampai ke pasar rebo. Nah loh masa iya mau ditelusuri satu2. Kami sempet salah naek kopaja gara2 salah ngasih info si kakak kelasnya cenit tapi alhamdulillah berkat beliau juga kami nyampe di KAP tersebut. Di KAP itu surat lamaran kami diterima. Surat lamarannya doang loh yaah..

Sambil nunggu panggilan magang, hari jumat setelah wisuda hari rabunya, aku maen ke rumah susi di kuningan, jawa barat. Itu acara kosan annisa tapi yang ikut cuma aku, anyun, sama brill (bukan nama sebenarnya). Pas hari terakhir disana kami jalan-jalan ke pusat kota kuningan dan sempet sholat dzuhur di Masjid Agung Kuningan. Tak henti-hentinya aku berdoa agar diterima lamaran aku itu. Tak disangka-sangka pas lagi foto-foto di alun-alun, aku dapet telpon dari nomer jakarta. Wah udah agak deg-degan juga. dan ternyata memang bener itu dari salah satu KAP yang aku kirim lamaran magang lewat email. Seperti dapet angin segar. Setelah sekian lama menunggu kepastian, akhirnya ada sedikit titik terang. Aku dapet panggilan tes di KAP Teguh Heru Irianto dan rekan, di daerah tebet.

Pulang dari kuningan hari selasa dan langsung menyiapkan bahan untuk tes yang dijadwalkan hari kamisnya sesuai kesepakatan. Tapi, hari rabu ada sedikit musibah di keluarga. Mungkin lebih tepatnya ujian. Jadi ya nggak terlalu bisa konsen ke tes itu. Aku jalani aja dengan ikhlas. Menyelesaikan satu per satu persoalan. Mungkin pikiran agak kacau hari kamis itu. Bukan hal yang mudah melewati kamis kemaren. Dengan persiapan seadanya, alhamdulillah tes berjalan lancar dan ujian di keluarga ku juga dilewati dengan lancar. Ini juga berkat doa dari teman-teman dan keluarga di tegal. Masalah hasil tes, aku udah pasrah. soalnya susaaaahh...udah lupa juga materi kuliah. Harusnya ada tes wawancara hari itu juga tapi karena mas2 yang ngurusin aku ini gak ada, jadi ditunda.

Jumat, sabtu, minggu pun berlalu tanpa kejelasan. Alhamdulillah senen pagi di telpon KAP itu. Ada tes wawancara hari selasa. Tapi tetep aja aku gak belajar walaupun kondisi keluarga sudah membaik..hehe. Aku kira wawancaranya hanya hal kepribadian, tapi ternyata soal materi akun sama audit juga. Gak berharap lebih dari hasil wawancara itu asalkan tidak memalukan almamater saja itu udah cukup..hehe. Dengan blepotan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Pak Priatama Alhamdulillah wawancara pun berjalan lancar. Oia, Pak priatama itu orang yang hubungin aku dan nantinya beliau jadi atasan aku. Dan ternyata hasil tes tertulisnya sangat memalukan...43!haha..Jujur aku malu banget. Bukan apa-apa, tapi karna aku dari STAN. Kalau ngebawa atas nama pribadi sih gak masalah. Itu tidak menjadi halangan. Alhamdulillah aku diterima di KAP tersebut :))). Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memudahkan dan memperlancar segala urusan aku ini. Melewati semua yang terjadi seminggu ini. Senen tanggal 29 aku akan mulai magang. Oia, aku disuruh Pak Priatama untuk mencari teman yang berniat magang disitu juga. Sepertinya mereka memang lagi butuh tenaga tambahan. Bagi yang berniat bisa tuh dicoba.

Salah satu kekurangan aku adalah susah beradaptasi dengan lingkungan baru. Butuh saran juga nih gimana caranya biar cepet beradaptasi dengan orang-orang baru, biar betah. Rute kereta juanda-tebet akan menjadi rutinitas ku sekarang. Hidup di jakarta dengan berangkat pagi-pagi yang berdesak-desakan dan pulang petang pernah aku khayalkan dan inginkan untuk menikmati tantangan hidup di ibukota. Dan alhamdulillah kini terwujud. Terimakasih untuk pihak-pihak yang selalu memberikan dukungan dan semangat. Semoga langkah aku ini diberkahi oleh Allah SWT..Aamiin :)



2 komentar: