Selasa, 02 Oktober 2012

Berlatih Bersama KOPASSUS


Untuk STAN angkatan 2009 sebelum mereka yudisium diadakan studi lapangan bersama Kopassus atau disebut juga Capacity Building (CB). Ini semacam dikasih materi Bela Negara. Awal mendengar kabar itu sedikit gak percaya tapi ternyata benar adanya. Soalnya itu biasanya diadakan pas Samapta kalo udah penempatan instansi. Takut??sedikit sih tapi rasa penasaran aku lebih besar dari rasa takut. Maklum aku ini gak suka yang berbau fisik soalnya orangnya cepet capek apalagi kalo disuruh lari gak suka banget deh pokoknya. Tapi karena dilatih bareng Kopassus jadi semangat juga soalnya mereka kan disebut-sebut pasukan elit nomor 3 di dunia..woow keren banget kan..

CB ini dibagi menjadi 3 gelombang. Aku dapet gelombang 3. Gak ada satu pun anak kosan atau pun BeMO yang bareng aku tapi untung masih bareng sama cenit. Jodoh kali yah..hehe. Sebelum keberangkatan gelombang pertama, aku, susi, dan brill maen dan nginep di rumah anyun. Tujuannya sih mau jogging di kompleks kopassus. Kebetulan rumah anyun di ciracas deket cijantung markasnya kopassus jadi ya sekalian mengunjungi rumah dia. Ternyata kompleksnya luas banget. Niatnya sih jogging itung-itung pemanasan sebelum CB tapi kebanyakan jalannya. Terus kami bermaksud nyobain mie yamin 88 yang di sekitar makopassus itu. Di depannya ada lapangan yang sangat luas dan di pinggirnya itu ada beberapa rintangan lari. Pernah liat gak film Dono, Kasino, Indro yang mereka ikut pelatihan jadi satpam yang dilatih sama bokir??nah rintangannya kaya gitu (yang gak pernah liat berarti gak gahol :p). Kami pikir nanti pas CB bakalan suruh lari dan ngelewatin rintangan itu (khayalan tingkat tinggi). Kami pada ketakutan kalau disuruh kaya gitu tapi aku tetep makin penasaran. Kapan lagi coba dapet pengalaman kaya gitu.

Akhirnya yang ditunggu-tunggu pun dateng. Tanggal 25 September 2012 gelombang 3 berangkat setelah Kopassus itu mengantar anak-anak gelombang 2 pulang. Dan dari cerita teman-teman gelombang 1 ternyata CB itu gak seperti yang dibayangin. Sangat menyenangkan. Okee kekhawatiran aku hilang dan tambah semangat dan penasaran untuk ikut CB. Sebelumnya tanggal 24 aku cek kesehatan bareng cenit dan Alhamdulillah aku sehat-sehat aja gak dapet pita apa pun. Aku masuk kelas S dan cenit kelas U. Kita satu Kompi yaitu kompi C tapi gak satu pleton. Makin jodoh lah aku sama cenit  (maaf bakalan sering cerita tentang cenit ke depannya).

Tiba di Makopassus sore hari. Setelah selesai menghitung siswa yang ikut CB gelombang 3 kami digiring ke barak. Pas baris cenit dibelakang aku tujuannya biar kita deketan nanti tidurnya. Pas di depan pintu terus aku masuk, abis itu langsung di stop. Aku orang terakhir yang tidurnya di barak bagian kanan. Barulah cenit masuk dan dia tidur di barak bagian kiri. Ya, walaupun udah berusaha biar bareng tapi sepertimya takdir berkata lain. tapi karena sebelah ku kosong cenit lebih sering tidur di samping aku (teteep,,). Makan malem pertama. Seperti yang dibilang anak gelombang 1 makannya cuma 3 menit. Okee. Siap! Makan ku cepet tapi belum pernah makan diitung. Pas nyoba...Yeeh berhasil!tepat waktu! Sejak saat itu aku punya  target kalo harus makan abis terus sampai bersih tanpa bantuan orang lain dan tepat waktu. Alhamdulillah target aku tercapai. Bahkan sering bantuin temen yang gak bisa abis..haha. Kendala cuma satu, yaitu gak bisa makan nasi nya sendirian tanpa lauk. Pas sekali doang itu disuruh makannya dipisah-pisah dan nasinya dimakan di akhir. Yap, ternyata aku gak bisa makan nasi doang. Gak bisa ditelan dan hampir muntah untung bisa ditahan. Tapi tetep aku abisin tanpa bantuan orang lain. Perut terasa enek sampai malem. Tapi abis makan malem udah gak lagi. Kesimpulannya aku gak bisa kalo disuruh makan nasi doang. Tambah prihatin sama orang-orang yang cuma bisa makan nasi aja. Kita harus lebih bersyukur dikasih rezeki lebih. Itu juga maksud para pelatih kopassus nyuruh makannya dipisah-pisah kaya gitu. Oia, pas di lapangan mau makan siang kami liat mobil ketering. Dan ada yang nyletuk gini "oh, ini yang bikin kita sengsara". Jujur aku marah banget ada yang bilang kaya gitu. Yang ngomong cewek tapi gak kenal. Dikasih rezeki kok dibilang sengsara. Makannya enak banget dan gizi tercukupi.

Hari pertama kami orientasi. Jalan-jalan di kompleks kopassus sampai dzuhur. Gak terasa capek karna semangat masih membara. Abis itu ada kegiatan indoor di gedung Nanggala. Ada materi tentang kenegaraan gitu dan diputerin film tentang kopassus. Dengan suasana capek dan kita cuma duduk diam itu pasti sangat mengantukkan. Anehnya aku gak ngantuk sama sekali baik pas diputerin film atau pun penyampaian materi. Heran kan?aku sendiri aja heran mungkin karna terlalu semangat. Cenit aja malah gak tau isi filmnya apa..haha. Oia, walapun kita gak satu pleton tapi kadang cenit masuk barisan pleton aku yaitu pleton dua tujuannya biar ngepasin barisan. Kalo jodoh emang gak kemana yah..haha. Pas di nanggala itu juga aku sempet ngasih motivasi buat Ade anak pajak yang satu pleton sama aku. Dia masih belum ikhlas dan semangat buat ikutan CB ternyata.

2 hari kedepannya diiisi materi PBB dan latihan yel-yel untuk melatih kekompakkan kami. Pas lomba PBB yang siswi nya sebenarnya cukup bagus bahkan kata yang jadi koordinator pelaksana CB (maaf lupa nama) ini kompi C bagus banget sampai dipuji abis-abisan tapi kita cuma juara 2. Gak masalah toh itu bukan tujuan utama kita belajar PBB (menghibur diri). Ada kejadian pas malamnya. Ada 5 orang siswa yang ketahuan ngerokok. Salah satunya dia temen tingkat 2 ku. Mereka mencemarkan nama baik STAN aja terutama gelombang 3 nih.ckck.

Kami dijadwalkan mengikuti CB sampai hari selasa tapi karna kopassus punya agenda lain yaitu mempersiapkan HUT TNI maka untuk gelombang 3 dipercepat waktunya cuma sampai sabtu. Pertama mendengar kabar itu perasasaan aku datar. Gak seneng gak sedih juga. Capek banget disana, kurang tidur, mandi harus jam 3 pagi biar kebagian mandi tapi sangat menikmati dengan kondisi seperti itu. Punya banyak kenalan, dikasih makan yang enak-enak, pelatihnya juga baik-baik dan suka ngelucu bikin suasana gak ngebosenin. Keputusan yang tepat dari STAN untuk mengirim mahasiswa nya yang sebentar lagi di yudisium ke markas kopassus. Banyak yang kita dapet dari sana. Kekompakkan satu angkatan hal yang sangat penting. Kita bisa merasakan sekarang. Terutama untuk yang dari Rawamangun yaitu spes Bea cukai. Jadi nyatu sama mereka. Walaupun gelombang 3 cuma 4 hari disana tidak apa lah. Banyak juga yang ngeremehin kita karna cuma sebentar, kurang menyenangkan katanya. Tapi ini pasti bukan sebuah kebetulan. Allah sudah mengaturnya. Ambil hikmahnya aja. Syukuri apa pun kondisinya karna itu lah yang terbaik buat kita. Ayo belajar untuk tidak sering mengeluh. Oia, sebelum kami pulang, sabtu pagi saat baris persiapan menuju gedung nanggala ada bapak-bapak yang tiba-tiba ngasih pidato di depan ternyata bapaknya berpangkat Mayor Jenderal. Walaupun aku  gak tau ada di posisi mana pangkat bapaknya tapi yang aku tau itu tinggi. Selain karna udah jenderal, ada mas-mas yang ngawal gitu ya sejenis ajudanlah. Ternyata bapaknya itu lagi olahraga dan gak sengaja liat banyak orang berbaris dan jadi deh ngasih sambutan sepatah dua kata.

Sabtu 29 Sepetember 2012 pukul 11.30 kami tiba di STAN dengan selamat. Alhamdulillah selama pelatihan disana semuanya berjalan lancar. Sedih rasanya ninggalin markas kopassus walaupun gak mau juga ditinggal disana. Pas naik bis dari sana siswi kompi C dijadikan 1 bis. Eh di bis disetelin lagu-lagu galau entah yang nyanyi siapa bikin tambah sedih ninggalin makopassus. Padahal yang nyetir aku liat muka nya garang tapi sukanya lagu galau..haha. (Maaf pak). Senang bisa bertemu mereka. Pengalaman yang sangat menyenangkan. Ada persamaan antara Kopassus dan mahasiswa STAN. Kami sama-sama bekerja untuk Negara. Mereka di bidang pertahanan, mahasiswa STAN di bidang Keuangan.

Sampai Jumpa Pelatih! Sampai Bertemu Kembali di Lain Kesempatan. Sukses Terus untuk KOPASSUS!!!


MAKOPASSUS TAK AKAN KU LUPA
TEMPAT KITA BERLATIH BERSAMA
TIAP MALAM SELALU DITEMPA
TUK MENJADI SATRIA YANG JAYA
TUK MENJADI SATRIA YANG JAYA
ITULAH HARAPAN BANGSA DAN NEGARA
TUK MENJADI SATRIA YANG JAYA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar