Jumat, 10 Mei 2013

Kiat-kiat Memilih Jodoh

Sebelumnya jangan heboh dulu kenapa aku nulis judul itu. Itu juga bukan karna aku salah nulis judul. Judulnya emang bener kaya gitu. Tapi jangan mikir yang macem-macem yaah. Aku kepikiran kalau materi yang aku dapet hanya ada di dalem buku itu kemungkinan besar akan hilang. Jadi aku berinisiatif buat bikin bentuk softcopy nya. Makanya aku tulis disini. Ya bisa dibilang mau bikin rekapan materi kajian atau liqo yang pernah aku ikuti. Kenapa cuma tentang agama? Karna kalau tentang akuntansi atau pajak aku yakin gak ada yang bakal baca. Dan InsyaAllah yang bakal aku tulis di blog hanya catetan ku yang di buku kecil karna itu paling rawan hilang. Materi yang ada di binder yang besar terlalu banyak..hehe. Kebetulan materi tentang munakahad ini ada di buku kecil. Ini beneran kebetulan.

Aku cuma ikut kajian munakahad sekali. Ini kajian yang khusus munakahad yang diadakan setiap seminggu sekali. Aku ikut yang gelombang dua. Tapi karna waktu itu Ustadz nya sibuk ke luar kota terus jadi aku cuma bisa ikut sekali doang. Dan meteri yang diberikan waktu itu adalah tentang kita-kiat memilih jodoh.. Silahkan menyimak :)

1. Tentukan tujuan.

Tujuan hidup kita akan menentukan sifat calon pasangan kita yang sesuai. Ini kata2 yang paling aku inget "Cintai karakternya bukan orang nya" jadi kalau pun kita tidak berjodoh dengan si dia itu bukan masalah yang besar. Yang kita cintai adalah karakternya maka kita bisa mencintai orang lain dengan karakter yang mirip. Tapi kalau udah punya jodoh ya jangan jatuh cinta sama yang lain!

2. Kenali calon anda

  • secara fisik: identitas lengkapnya, mempunyai penyakit/tidak, dan tentang pekerjaannya
  • secara nonfisik: pemikiran, akhlak, moral, sosialnya
3. Meminta bantuan kepada orang yang anda percaya
  • memberikan tugas yang jelas/pencarian informasi yang jelas
  • minta tolong kepada orang yang bisa menjaga rahasia
  • bisa mencarikan informasi
  • bisa menjaga harga diri kita
     yang perlu diingat adalah orang tua adalah orang yang paling bisa dipercaya untuk mencarikan jodoh
     dan jangan meminta bantuan kepada teman sebaya nanti malah kebalik yang jadi siapa..hehe

4. Jangan tergesa-gesa menentukan pilihan

5. Carilah orang yang 1 fitroh (pemikiran)

6. Lakukan Istikharoh (lakukan diawal)

7. Pikirkan dengan pikiran yang jernih. Jangan dengan emosi dan jangan jatuh cinta duluan.

8. Pakai logika yang logis.

9. Hindari cinta buta. 

Jangan jatuh cinta pada pandangan pertama tetapi pada pandangan terakhir. Maksudnya kita harus mengenal calonnya itu dulu baru jatuh cinta. (seingetku itu)

10. Lakukan proses yang benar. Jangan Pacaran!

11. Jangan merugikan orang lain dan diri sendiri.

12. Cinta harus memiliki. Jangan mencintai orang lain yang tidak bisa dimiliki.


Sekian ringkasan materi dari catetan buku kecil ku ini. Kalau ternyata ada yang keliru mohon dikoreksi. dan semoga bermanfaat wahai para pejuang cinta!! hahaha.. semoga kita semua dimudahkan dalam mendapatkan jodoh.. Aamiin..

*ini bukan edisi galau jodoh*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar