Selasa, 24 April 2012

Tawazun...

Tujuan hidup setiap orang memang berbeda - beda. Namun, hakekatnya ada satu tujuan hidup bagi seorang mu'min. Yaitu untuk beribadah kepada Allah SWT. Sesuai firman Allah SWT yang artinya " Tidak Aku ciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku"(QS. Az-Zariyat : 56)

Bentuk ibadah itu bermacam-macam. Bukan hanya sholat, bahkan senyum pun itu ibadah jika pada tempatnya. Jangan kalau ada cowok cakep aja kita senyum-senyum..hehe. Aktivitas hidup kita memang harus seimbang. Itulah Tawazun. Sesuai perintah Allah pada surat Ar-Rahman 7-9 bahwa kita harus bisa menyeimbangkan kebutuhan Al-jasad (jasmani), Ar-ruh(rohani), dan Al-aql (akal).

Ketiga keseimbangan tersebut membutuhkan nutrisinya masing-masing :

1. Jasmani
Mu,min yang kuat lebih baik dab lebih disukai oleh Allah SWT dari pada mu'min yang lemah (HR. Muslim). Oleh karena itu kita juga harus memperhatikan kebutuhan jasmani. Misalkan dengan makan makanan yang bergizi dan yang pasti nya halal, cukup istirahat, dan tidak lupa untuk berolahraga.

2. Rohani
Yang dibutuhkannya adalah dzikrullah. Kita harus menguatkan jiwa kita agar dalam menjalani hidup mempunyai semangat dan selalu mendapatkan ketenangan.

3. Akal
Ini adalah ciri khas manusia dibanding makhluk hidup lainnya. Manusia harus bisa memanfaatkan akalnya dengan sebaik mungkin untuk menunjang hidupnya. Tanpa akal manusia akan hidup berantakan. Dengan akal manusia bisa membedakan mana yang baik dab mana yang buruk. Akal ini bisa kita pertajam dengan terus menuntut ilmu. Dengan ilmu kita tahu bagaimana kita harus bertindak dan bisa menjadi bekal kita untuk masa depan maupun di akhirat nanti.

Itulah pentingnya tawazun. Harus dipenuhi sesuai prporsinya masing - masing. Jangan berlebihan karena Allah juga tidak suka hal yang berlebihan. Contoh aja, dalam satu hari itu kita kuliah, pagi nya kita jogging dulu, nah kalau sholat itu udah pasti dong.. Kalau libur, kita bisa cari ilmu yang lain, misalnya ikut seminar. Banyak hal bisa kita pelajari dalam keseharian kita. Bahkan kesempatan kita untuk belajar lebih banyak dari pada waktu kita.

AYOO..awali hari kita ini dengan bismillah dan menjadi manusia produktif..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar